Minggu, 29 April 2018

Penjelasan Kertas Ukuran A6

Kertas memiliki beberapa pengelompokan yang didasari pada fungsi dan ukurannya. Terdapat beberapa pengelompokkan dengan pemberian nama seri kertas A, B, C, F dan juga R. Masing-masing dari seri kertas tersebut juga memiliki ragam ukuran yang cukup banyak termasuk juga untuk kertas seri A. Hingga saat ini, terdapat beberapa kertas seri A yang sudah masuk dalam standar internasional yaitu, A0, A1, A2, hingga A10. Dari semua kertas yang ada, salah satu yang paling sering ditanyakan adalah kertas ukuran A6. Mengapa sering ditanyakan? Alasannya sama dengan orang yang mempertanyakan ukuran kertas seri A selain A4 dan A3. Ya, umumnya masyarakat awam tidak begitu paham dengan ragam jenis ukuran kertas selain A4 dan A3 yang memang sangat populer dan dekat dengan keseharian. Terlebih lagi untuk kertas ukuran A6, apakah kegunaannya? Berapakah ukuran pastinya? Dan bagaimana cara mendapatkan kertas dengan ukuran A6? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, ikuti terus penjelasan mengenai kertas A6 di sini.
ukuran kertas a5 cm, ukuran kertas a3 dalam cm, ukuran kertas a4 cm, ukuran kertas dalam cm, ukuran kertas a5 dalam microsoft word, ukuran kertas f4 dalam cm, ukuran buku gambar a4, ukuran kertas letter,
Kertas Foto Ukuran A6 Harga Rp 10 ribuan

Kertas ukuran A6 merupakan kertas standar internasional yang berada diurutan nomor 7 jika dilihat dari ukuran luasnya. Diperingkat pertama ada kertas ukuran A0 lalu diikuti dengan A1, A2, A3, A4, A5, dan barulah ukuran kertas A6. Dalam kategori kertas seri A, tentu saja ukuran kertas ini sudah tergolong sangat kecil. Bayangkan saja selembar kertas dengan ukuran A4 namun dibagi menjadi empat bagian. Itulah ukuran pasti dari kertas A6. Ya, ukuran tersebut mengacu pada pengukuran kertas seri A yang terus menjadi ukuran lebih kecil dari ukuran diatasnya. Sehingga, hal ini bisa membuat ukuran kertas A6 merupakan setengah ukuran dari kertas A5 atau hanya satu per empat dari ukuran kertas A4. Bisa dibayangkan, ukuran kertas A6 tentu saja memiliki kegunaan yang sangat terbatas. Ukurannya yang hanya 105 x 148 mm atau 10,5 x 14,8 cm ini tentu tidak bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Biasanya, kertas A6 ini dijual untuk hal-hal yang berkaitan dengan keperluan kantor. Misalnya untuk pembuat co-card atau kartu identitas lembaga/perusahaan. Pembuatan kartu seperti ini memang umumnya menggunakan kertas yang kecil karena akan ditempelkan atau digantung pada bagian dada sebagai tanda pengenal. Manfaat lainnya dari kertas A6 adalah untuk pembuatan blocknote kecil. Ukurannya sangat kecil ini bisa dijadikan sebuah bentuk buku yang dijilid untuk keperluan mencatat hal-hal keseharian, to do list, atau untuk keperluan catatan lainnya. Ukuran yang mudah dimasukkan ke kantung atau ke dalam tas ini memang sangat memudahkan untuk dibuat menjadi blocknote yang mudah dibawah ke mana-mana.

Melihat fungsinya yang terbatas, kertas A6 seringkali susah untuk dicari. Hal ini pun biasanya sudah dalam bentuk yang beragam seperti misalnya blocknote ukuran kertas A6, kertas co-card, atau bentuk ATK lainnya. Jika dalam bentuk lembaran, tentu saja kurang diminati dan kurang dibutuhkan. Untuk Anda yang membutuhkan beberapa lembar kertas A6, Anda bisa membuat kertas ukuran A6 sendiri dengan cara membagi kertas A4 menjadi empat bagian sama sisi. Beberapa lembar kertas A4 yang dibagi menjadi empat bagian maka akan menghasilkan lembaran kertas A6 yang banyak. Namun jika membutuhkan kertas A6 yang sudah dalam produk jadi seperti misalnya blocknote, Anda bisa mencarinya di toko kertas yang besar, toko buku, atau toko peralatan kantor.