Penjelasan Kertas Ukuran A0 Dan Info Penting Lainnya - Ukuran Kertas F4

Latest

Jumat, 27 April 2018

Penjelasan Kertas Ukuran A0 Dan Info Penting Lainnya

Suatu ukuran kertas telah ada ukuran bakunya. Memang benar, selembar kertas bisa dipotong menjadi berukuran yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Namun ketika membeli suatu kertas, tentu saja Anda akan ditanyakan kertas dengan ukuran apa yang Anda butuhkan. Jika membutuhkan kertas untuk keperluan perkantoran, penerbitan dan percetakan, maka Anda akan berurusan dengan ukuran seri A. Ukuran seri A merupakan ukuran kertas yang mengacu pada kesepakatan internasional yang tertuang dalam ISO atau organisasi yang mengatur dengan standarisasi berbagai hal. Untuk kertas yang sering dipakai dalam urusan perkantoran, penerbitan atau percetakan, ukuran yang paling besar adalah kertas dengan ukuran A0. Tidak ada kertas dengan ukuran lain yang lebih besar dari A0 untuk seri kertas A. Yang ada justru ukuran kertas yang lebih kecil yang merupakan hasil pembagian ukuran kertas A0 menjadi dua bagian untuk menjadi A1 dan seterusnya hingga ukuran A10. Ukuran ini sudah tidak bisa dibantah atau diubah karena memang sudah menjadi standar internasional dan telah digunakan diseluruh dunia. Dengan ketetapan tersebut menghasilkan kertas A0 menjadi yang terbesar dan A10 yang terkecil di kertas seri A.
kertas a0 80 gram
1 Roll Kertas A0 tebal 80gsm Harga Rp 126.000,- panjang 50m (sumber : tokopedia.com)

Lalu, berapakah ukuran pasti dari kertas ukuran A0? Jika hanya sekadar nama pengelompokkan kertas, tentunya akan menyulitkan banyak orang. Untungnya, saat ini sangat mudah diketahui berapa ukuran kertas termasuk ukuran Seri A dalam satuan sentimeter, milimeter, atau juga dalam satuan inchi. Untuk ukuran kertas A0 dalam hitungan sentimeter, menghasilkan ukuran pasti yaitu 84,1 x 118,9 sentimeter. Itulah hitungan yang bisa diketahui dari standar internasional. Untuk satuan milimeter, tentu saja hanya tinggal dikalikan dengan angka sepuluh yaitu menjai 841 x 118,9 mm. Yang berbeda jika dijadikan dalam satuan inchi karena satu inchi sama dengan 2,54 cm. Sehingga, dalam satuan inchi akan menghasilkan ukuran kertas menjadi 33,11 x 46x81 inchi. Dengan ukuran yang baku ini, berbagai hal bisa dihasilkan dengan ketepatan yang sesuai dengan yang diharapkan. Jika Anda akan sering berurusan dengan ukuran kertas seri A, maka sebaiknya buatlah tabel kertas seri A terlebih dahulu dari A0, A1, A2 hingga A10. Terutama jika Anda akan membuka jasa percetakan, maka tabel tersebut akan menjadi menu yang diperlukan oleh pelanggan Anda ketika akan mencetak suatu dokumen.

Berbicara soal dokumen, apa sajakah dokumen yang pas untuk kertas dengan ukuran A0? Berbagai dokumen tentu saja sangat bisa dicetak dengan menggunakan kertas A0. Contohnya saja jika Anda ingin membuat hiasan dinding berupa hasil cetakan gambar atau poster, maka bisa menggunakan kertas A0. Kertas ini akan membuat tujuan Anda mendapatkan hiasan dinding akan lebih terealisasikan. Ukuran kertas yang sangat luas karena memiliki ukuran nyaris satu meter persegi, tentu saja akan menghasilkan hiasan dinding berupa cetakan gambar atau poster yang terlihat jelas. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuat cetakan jadwal seperti jadwal piket, jadwal pelajaran, dan sebagainya. Dengan kertas yang besar akan memudahkan Anda dalam membaca jadwal yang Anda cetak dan tempel. Dengan ukuraan yang sangat besar ini, berbagai keperluan kantor juga sangat bisa direalisasikan seperti penempelan visi dan misi perusahaan, struktur organisasi, panduan kerja atau SOP, dan sebagainya. Sehingga dengan ukuran kertas A0 yang besar ini, informasi penting yang wajib terbaca oleh orang kantor akan lebih mudah diwujudkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar