Mengenal Jenis Dan Ukuran Folio

Minggu, 29 April 2018

Mengenal Jenis Dan Ukuran Folio

Kertas folio tentunya merupakan kertas yang tidak asing didengar oleh banyak kalangan. Kertas folio disebut juga sebagai kertas dengan seri F yang seringkali dikatakan hanya ukuran standar tambahan dengan ukuran F4 yaitu 215 x 330 mm. Meskipun demikian, dalam kehidupan sehari-hari terjadi kerancuan tentang kertas folio baik dari jenisnya maupun dari ukurannya. Maka dari itu, di sini akan dicoba menjelaskan mengenai jenis dan ukuran folio. Berapakah ukuran dari kertas folio? Seperti yan telah disebutkan tadi, kertas folio hvs atau kertas hvs folio memiliki ukuran kertas seri F4. Ukurannya adalah 215 x 330 mm. Dalam satuan ukur inchi, maka hasilnya adalah 8,5 x 13 inchi. Lalu mengapa kertas folio ini sering membuat bingung? Yang paling membuat bingung adalah ukurannya yang sangat mirip dengan ukuran kertas A4. Bahkan, banyak orang yang tidak bisa membedakannya hanya karena ukurannya yang berbeda tipis. Namun perlu diketahui, diantaran kertas folio dan kertas A4 memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran kertas folio seperti yang telah disebutkan tadi yaitu 215 x 330 mm sedangkan kertas A4 adalah 210 x 297 mm. Selain itu, terdapat juga dua jenis pembeda kertas folio berdasarkan fungsi dan tampilan. Ada kertas folio yang sering disebut kertas hvs folio yang merupakan kertas F4 polos. Ada pula satu jenis kertas lainnya yang disebut kertas folio bergaris yang biasanya digunakan untuk keperluan mencatat atau menulis manual.
Kepopuleran ukuran folio lebih condong pada kertas folio bergaris. Jika Anda mengatakan kertas folio pada orang awam, maka yang terbayang adalah kertas folio dengan banyaknya garis-garis rapi yang sudah tersedia. Kertas jenis ini memiliki sedikit tepian dibagian atas dan bawah sebagai pembatas. Pada bagian atasnya terdapat ruang untuk menempatkan tanggal dan keterangan lainnya. Ukuran dari kertas folio bergaris juga lebih panjang dari kertas folio biasa atau kertas F4. Dan dengan adanya garis-garis pada kertas putih tersebut, maka menegaskan bahwa kertas ini digunakan untuk keperluan manual. Apakah di era seperti ini kertas folio masih digunakan? Tentu saja masih sangat digunakan terutama dikalangan pelajar dan mahasiswa yang sering membutuhkan folio bergaris untuk menulis laporan praktikum. Kertas folio lebih sering digunakan lantaran jika pelajar dan mahasiswa diizinkan untuk membuat laporan secara ketikan komputer maka akan mmeudahkan penyalinan atau plagiarisme dari siswa yang satu ke lainnya. Adanya kerta folio bergaris juga memiliki fungsi yang beragam bagi masyarakat awam seperti pembuatan surat lamaran kerja tulis tangan, surat pernyataan tulis tangan, surat perjanjian tulis tangan, dan keperluan tulisan manual lainnya. Bagi Anda yang belum paham dengan kertas folio bergasir, kertas yang satu ini satu lembarya memiliki empat muka halaman. Satu lembarnya terbagi menjadi dua lembar sehingga jika beberapa kertas folio bergaris digabungkan maka akan membentuk seperti buku besar.
Harga dari kertas folio sangatlah murah. Baik untuk kertas ukuran folio F4 maupun kertas folio bergaris biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak sulit juga menemukan kertas folio lantaran kertas ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tidak perlu bingung mencari kertas folio karena diberbagai toko atau warung terdekat pun biasanya menyediakan kertas yang satu ini. Namun jika membutuhkan dalam jumlah yang banyak, maka disarankan untuk membeli kertas folio pada toko ATK agar harganya bisa lebih murah.

Tidak ada komentar: