Sabtu, 28 April 2018

Kertas Ukuran A5 Dan Kegunaannya

Kertas dengan ukuran seri A merupakan kertas yang digunakan untuk keperluan percetakan, penerbitan dan perkantoran. Banyak orang yang tidak menyadari adanya sebelas ukuran dalam ukuran kertas seri A yaitu terdiri dari kertas A0 hingga A10. Meskipun demikian, ukuran kertas A9 dan A10 memang sangat jarang ditemui dan dijual lantaran memang ukurannya terlalu kecil dan jarang digunakan. Dari semua ukuran kertas seri A yang ada, kertas A4 dan A3 yang paling dicari dan paling populer. Bahkan banyak orang yang hanya tahu adanya kertas A4 dan A3 tanpa mengetahui adanya kertas yang berukuran lebih besar dan lebih kecil. Termasuk juga untuk ukuran kertas A5. Tahukah Anda berapa ukuran A5? Biasanya untuk orang yang tidak paham dengan ukuran kertas atau tidak terbiasa dalam urusan percetakan, maka tidak tahu berapa ukuran kertas A5. Padahal, untuk mengetahui ukuran dari kertas A5 sangatlah mudah yaitu dengan membagi kertas A4 menjadi dua bagian dengan melipat pada titik tengah bagian panjangnya. Kertas A4 yang dilipat dua akan menjadi dua lembar kertas A5. Hal ini pun berlaku untuk kertas lainnya dimulai dari A1 yang merupakan pembagian dua lembar dari kertas awal yaitu A0. Tidak diketahui pasti siapa penggagasnya, namun ukuran kertas seri A seperti ini sudah disepakati dan sudah diatur dalam ISO atau lembaga dunia untuk urusan standarisasi.
Kertas Ukuran A5
Catak Brosur pada Kertas Ukuran A5 harga Rp 185 ribu /1000lbr

Ukuran kertas A5 berukuran relatif kecil untuk berbagai keperluan. Untuk Anda yang belum tahu, ukurannya hanya 148 x 210 mm atau sama dengan 5,83 x 8,27 inchi. Ukuran kertas seperti ini tentu saja tidak digunakan untuk berbagai keperluan yang bersifat formal misalnya mencetak proposal, mencetak laporan, dan sebagainya. Tentu saja untuk urusan yang bersifat formal maka lebih menggunakan kertas yang satu tingkat diatas kertas A5 yaitu kertas A4 yang memang sudah sangat populer. Namun, adakah kegunaan dari ukuran A5? Melihat dari ukurannya yang kecil, kertas ini umumnya menjadi bahan untuk pembuatan buku catatan kecil atau biasa disebut block note. Ukurannya yang hanya setengah dari ukuran A4 akan membuat buku catatan kecil mudah dibawa kemana-mana dan cukup untuk bisa mencatat agenda, mencatat poin penting, atau keperluan catatan lainnya. Yang biasanya tidak diketahui banyak orang adalah ukuran kertas ini cukup banyak dijual dipasaran sehingga tidak perlu membuat repot Anda untuk melipat atau membelah kertas menjadi dua bagian secara manual jika tujuannya untuk membuat buku catatan kecil. Selain untuk buku catatan kecil, ada juga keperluan yang biasanya menggunakan kertas A5 yaitu untuk membuat kalender duduk atau kalender meja. Ukurannya yang kecil akan menjadi penanda tanggal dan hari yang sangat pas untuk diletakkan dimeja kerja. Selain itu, tentu saja berbagai keperluan lainnya masih tetap bisa menggunakan kertas A5 sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang yang membelinya.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai kertas ukuran A5. Untuk Anda yang baru saja menggeluti berbagai macam ukuran kertas, maka sebaiknya Anda cari tahu banyak hal tentang ukuran kertas terutama kertas seri A. Jika Anda akan membuat jasa percetakan, maka sebaiknya membuat tabel ukuran kertas mulai dari kertas A0 hingga minimal kertas A8. Dengan begitu, Anda tidak perlu menjelaskan secara manual dan satu per satu kepada pelanggan yang datang dan tidak tahu soal ukuran kertas.